Skip to content

WordPress Atau Blogger?

February 17, 2013

worpress bloggerIni menjadi pertanyaan lama dalam Blogging dan SEO. Beberapa setuju bahwa Blogger.com adalah platform blog terbaik untuk blog gratis dan Blogger.com juga di miliki oleh raksasa Search Engine Google. Sedangakan yang lain menyebutkan bahwa WordPress lebih baik dari pada blogger.com. Kalau menurut pembaca Blogger gimana?

Kenyataannya tiap platform itu punya fitur dan manfaat tersendiri yang bisa di pilih oleh blogger pemula. Namun jika anda blogging untuk bisnis anda dan menjadi sebuah authority Blogger yang memberikan informasi lengkap, maka hanya ada satu platform yang bagus.

Blogger vs. WordPress: Perbandingan

Untuk membandingkan antara blogger.com dan wordpress, ada baiknya anda mengetahui fitur-fitur di dalamnya yang dapat mempengaruhi pengalaman anda dalam ngeblog.

Blogger.com

Blogger.com sangat user friendly, artinya sangat mudah di pakai siapa saja, tanpa harus mengerti HTML dan CSS, serta pengetahuan untuk Hosting. Memudahkan blogger dalam membuat blog hanya beberapa menit saja. Blogger.com Juga membolehkan menambah fungsi seperti widget, video, polling, dan lain sebagainya di bagian sidebar blog. Kemudian anda juga bisa dengan mudah mengubah tata letak widget dengan drag n drop. Kemudian untuk mempercantik blog, anda bisa mengganti template-template yang bagus untuk blog anda.

Selain itu juga blogger.com membolehkan membuat web untuk tujuan bisnis seperti Affiliasi, iklan, dan lain sebagainya. Hanya saja dalam urusan SEO, Blogger tidak terlalu bagus dalam optimasi. Dalam prakteknya saat anda mencari informasi di google, banyak muncul informasi yang ada di wordpress ketimbang di Blogspot. Walaupun begitu, tidak sedikit blog blogger.com yang masuk halaman 1 google. Ini tidak lepas dari optimasi SEO yang bagus pada blognya.

WordPress

Perlu di ketahui wordpress itu punya 2 versi. yang pertama versi gratis yaitu wordpress.com. wordpress.com sama seperti blogger.com, yaitu membuat blog gratis hanya beberapa menit saja. dan tidak butuh HTML, CSS dan kemampuan hosting, karena menggunakan hosting dari wordpress itu sendiri.

Versi yang kedua adalah yang self-hosted, atau di install sendiri bahasa saya. anda harus download dulu script wordpressnya di wordpress.org. Untuk menggunakan wordpress self-hosted ini, anda harus menyewa hosting dan domain.

WordPress.com ternyata lebih SEO friendly di banding Blogger.com, walau sama2 gratis . Tidak hanya itu, blog wordpress juga muncul dalam direktori WordPress, sehingga traffic bisa datang dari orang yang mencari informasi di di rektorinya wordpress. Kemudian tag-tag populer sering tercantum dalam hasil pencarian organik dari Google & Yahoo! yang menghubungkan ke blog terbaru / populer menggunakan tag tersebut pada wordpress. Artikel WordPress juga cenderung muncul secara terpisah dalam hasil pencarian organik lebih mudah daripada Blogger atau platform blogging lainnya.

Kemudian tampilan dashboard wordpress sedikit lebih rumit dari pada blogger walaupun sama-sama punya fungsi drop and drag di widgetnya. Kemudian walaupun wordpress sangat SEO, wordpress.com tidak membolehkan membuat blog untuk keperluan bisnis dan affiliate marketing. Jadi ini bukan pilihan yang bagus.

Blogger Features

  • user-friendly interface. Interface sangat mudah di gunakan.
  • drag & drop module functionality. Dengan cara fasilitas drag n drop, membuat blogger sangat mudah membuat gadget.
  • Membolehkan HTML & JavaScript
  • easily add custom header images (Bisa menambah gambar header)
  • Open ID sign-in functionality
  • automatic inclusion in Google Blog Search
WordPress Features

  • Sangat Bagadd untuk SEO
  • Di tampilkan di direktori wordpress
  • Tags yang populer mudah di index oleh search engine dan mudah muncul di search engine
  • Mampu mengimport data posting dari platform blogging lain.
  • Bisa di tambahkan costum headers

Jadi Mana Yang Terbaik?

Yah, itu sangat tergantung pada apa tujuan utama atau fungsi dari blog Anda. Singkatnya, jika anda blogging dengan alasan bisnis atau make money di blog melalui program-program seperti Google adsense, saya sarankan membeli hosting dan domain sendiri lalu menginstal platform WordPress.org. Jika anda ngeblog murni untuk sekedar menyalurkan hobi menulis dan Anda ingin fungsionalitas tambahan seperti menambahkan foto dari flickr, video YouTube atau widget lain, saya sarankan anda menggunakan Blogger. Sedangkan versi gratis dari WordPress sangat bagus untuk SEO, Namun ada batasan dalam penggunaan wordpress.com. Bahkan penambahan fungsi pun lebih terbatas.

Self Hosted WordPress: Keuntungannya

Sekarang, jika Anda membuat blog untuk bisnis Anda dengan mencari solusi yang menawarkan fungsionalitas dan kemampuan SEO yang besar, maka yang terbaik adalah install wordpress sendiri menggunakan wordpress.org dan membeli hosting dan domain anda. Pertama, Anda tidak akan terikat dengan Persyaratan yang membatasi anda seperti wordpress.com. Ini berarti bahwa blog Anda dapat di gunakan untuk  Komersial dan anda bisa gunakan untuk memasukkan iklan, atau apapun itu. Selain itu, plug-in memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai fungsi di blog Anda, Mulai dari eksternal SEO, statistik Traffic, RSS feed, widget, Geo-Map hingga ikon social bookmark dan kemampuan untuk memperbarui akun Twitter Anda setiap kali Anda membuat posting bari di blog. Penggunaan HTML dan JavaScript juga diperbolehkan sehingga Anda dapat menanamkan slideshow, video dan widget, sedangkan fungsi seperti ini diblokir di versi gratisWordpress.com.

Terakhir, Self hosted blog dapat disertakan ke website utama bisnis Anda, menyediakan konten segar setiap kali Anda membuat posting atau seseorang meninggalkan komentar. Hal ini meningkatkan SEO dan page rank Search engine di kedua blog dan situs utama web yang saling terhubung, yang berarti Anda tidak harus memperbarui situs Anda yang utama untuk meningkatkan page rank. kemudian self hosted wordpreee juga menyediakan berbagai template yang bisa anda gunakan, memungkinkan Anda untuk membuat tampilan yang lebih unik untuk blog Anda . Dan jika Anda tahu sedikit HTML dan / atau CSS, Anda dapat mengambil langkah lebih lanjut dengan menyesuaikan blog Anda agar sesuai dengan tampilan & topik situs Anda.

Walaupun anda tidak harus benar-benar terlatih pada saat install wordpress yang self hosted, itu juga tidak membantu anda untuk mengetahui hal-hal seperti CSS. Namun Hal ini bisa membantu untuk mengetahui sedikit tentang klien hosting & FTP untuk menginstal platform WordPress. Untungnya, ada banyak tutorial di luar sana yang dapat mengajarkan anda cara menginstal WordPress ke account hosting Anda, dan plug-in yang anda install biasanya punya instruksi pemasangan juga. Kalau Anda bersedia untuk duduk selama sekitar 2 jam saja, Anda bisa menginstal sebuah blog yang sudah dilengkapi dengan SEO lengkap dan siap untuk bisnis anda! Dan bagi mereka yang tidak ingin repot dengan mengoptimalkan blog Anda untuk search engine dengan SEO, ada banyak jasa yang menawarkan optimasi SEO WordPress. Kemdudian paket instalasi dengan plug-in yang sudah dimasukkan. Ini mungkin memerlukan waktu lebih banyak untuk membuat blog dari versi WordPress.com, namun manfaatnya jauh lebih besar

http://pesutweb.com

From → Artikel ICT

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: