Skip to content

Bahasa Anak Lebay (alay)

February 17, 2013

 

 sumber gambar: unik.kompasiana.com

Alay berasal dari kata anak layangan, disebut sepert itu karena maksud dari kata tersebut adalah kampungan. Mengapa kampungan? Memang faktanya bermain layang-layang pada jaman sekarang dianggap sebagai hal yang kampungan dan sudah tidak jamannya. Pada jaman sekarang alay sudah terkenal di kalangan anak muda. Bagi sebagian remaja, alay merupakan hal yang gaul dan layak jika alay berkembang khususnya di Indonesia. Namun tidak sedikit remaja dan para orang tua yang menghujat sifat alay. Meskipun ada pro kontra dikalangan masyarakat, nampaknya tidak memiliki efek yang berarti bagi perkembangan alay sekarang. Justru budaya alay menjadi sangat terkenal di kalangan remaja. Bahasa yang mereka gunakan setiap hari untuk berkomunikasipun tidak lepas dari “bahasa lebay“. Semisal ketika muda-mudi sedang SMSan atau Chatting di jejaring social akan menjadi hal yang langka untuk menggunakan bahasa Indonesia yang benar menurut Ejaan Yang Disempurnakan(seperti ujian Bahasa Indonesia silam). Setidaknya memakai bahasa yang mudah dan bisa dipahami oleh semua orang, baik tua ataupun muda. Hingga saat ini saya belum tahu tokoh yang memproklamirkan bahasa Lebay di Indonesia dan awal mula perkembangannya. Mungkin akan menjadi hal yang menarik jika diketahui pihak-pihak yang memiliki inisiatif untuk “mengibarkan bendera” bahasa alay

Tidak bermaksud untuk menyudutkan pihak siapapun, hanya sekedar informasi bagi setiap orang. Berikut adalah bahasan mengenai crri-ciri atau karakter orang ALAY di Indonesia.

Ciri-ciri orang ALAY:

  1. Narsis dalam segala hal. Biasanya perempuan, tapi laki-laki juga tidak sedikit.(Kalo foto biasanya mulutnya di gembungin/di monyongin, mukanya kadang di kerutin ) dll.
  2. Tongkrongannya di pinggir pinggir jalan (yang cewek godain cowok,yang cowok godain cewe yang lagi lewat, dan kalo ada hal yg menarik langsung di sorakin). Mungkin wajar ya. Tergantung cara mereka seperti apa.
  3. Kalau sedang ngumpul bawa handshet buat dengerin lagu lewat handphone(suka pamer ga jelas & sok asik gitu deh). Trus sok telpon dan SMSan. Kondisi terparah, biasanya suka nunjukin SMS dari pacar ke temanya,, biar dibilang kalau pacarnya perhatian dengan dia. Yang lebih parah lagi pura-pura mencet tombol hanphone (SMS) padahal gak punya pulsa.
  4. Merasa EMO/PUNK/ atau yang lain) tapi ditanya sejarah emo tidak tahu. Mungkin belum tahu. Bisa jadikan?
  5. Selalu ingin ‘gaul’ mau mengikuti tren yang sekarang tapi agak berlebihan.(contoh: mengkombinasika baju tanpa perkiraan; baju ijo,celana kotak kotak,sepatu merah,kacamata biru). Mungkin inilah seninya. Iya kan?
  6. Dimanapun dan kapanpun SELALU ada acara yang bernama ‘putu putu narziz’(foto-foto narsis). Entah itu di track sepeda,WC,mobil,kamar,stasiun,angkot,dll. Bahkan foto-fotonya di edit hingga muka yang aslinya agak berubah , di blur(di putih2in) mungkin hingga diluar jalur. Ya mungkin sebuah kreativitas anak muda.
  7. Fotonya sangat super. Dengan gaya di buat super imut,didekatkan lampu agar “terang sangat”,foto terlalu dekat dari wajah *agar jeleknya tak terlihat*,foto dari atas *agar kelihatan keren mungkin*,dll. Pokoknya yang bisa membuat orang lain memberikan berbagai macam reaksi entah positif atau sebaliknya.
  8. SIBLING di Facebook bisa 50 orang lebih, padahal bukan saudara. Mungkin menganut prinsip silaturahmi.
  9. Bagi cowok..tiap hari kerjaannya sering cari musuh (ribut) sama teman-teman cowoknya yang lain. (Agar dianggap keren mungkin).
  10. Nama di Facebook sangat-sangat panjang kali lebar.(lebay yang nulis), Contoh: Namakupanjangbanget Biarkeliatangaul Bangetdehhah.
  11. Tulisan orang alay:
    – iya : ia
    – kamu: kamuh,kammo,kamoh,kamuwh,kamyu,qamu,etc
    – aku : akyu,aq,akko,akkoh,aquwh,etc
    – maaf: mu’uph,muphs,maav,etc
    – sorry: cowyie,cory,tory(?),etc
    – add : ett,etths,aad,edd,etc
    – for : vo,fur(zz),pols,etc
    – lagi : agi,agy
    – makan: mums,mu’umhs,etc
    – lucu : lutchuw,uchul,luthu,etc
    – siapa: cppa,cp,ciuppu,siappva,etc
    – apa : uppu,apva,aps,etc
    – narsis: narciezt,narciest,etc
    – tulisannya gede kecil dan pake angka.
    & masih bnyak lagi.
  12. Suka mengirim bulbo kurang jelas di YM, FS atau FB :”akko onlenndh dcnniih” ato “ayokk perang cummendh cmma saiia” etc (paling parah jika mengirim bulbo dengan judul “********” tapi isinya kosong). Yang penting tidak mengganggu kepentingan orang lain kan.
  13. Menganggap dirinya eksis di Facebook atau Mulktiply (kalo comments banyak itu berarti anak gaul jadi lomba banyak-banyakan comment). Mungkin itu adalah sebuah naluri kritis anak muda, bagus bukan?
  14. Nama facebook mengagung – agungkan diri sendiri,seperti : pRinceSs cuTez,sHa luccU,tIkka cAntieqq,etc. (pede bgt sih?)
  15. Kata /singkatan selalu diakhiri huruf z/s (cth : nama adalah talitra,dbuat jadi : talz. nama adalah niken,dibuat jadi qens..dsb)
  16. Foto di facebook bisa nyampe 300 lebih padahal cuman foto dirinya sendiri. Mungkin ini adalah wujud ekspresi diri dan kesempatan mengabadikan momen jadi wajar saja.
  17. Buat cewek tiap hari kerjaannya ngomongin tentang sang cowok. Contoh: eh tau ga si A tadi gini loh sama gue hahaha lucu bgt ya? Yah pamer-pamer sedikit gitu deh*berasa cantik)
  18. Menganggap diri bisa bahasa inggris, dari wall, profil, semuanya bahasa inggris. Meskipun bahasanya kurang benar.
  19. Yang terakhir adalah sering galau, terutama soal pacar.

http://aldrik.wordpress.com/2010/04/22/bahasa-anak-lebay-alay/

Dibawah ini adalah contoh-contoh kata yang sering di gunakan pihak-pihak alay untuk beraksi .

Cungguh              : Sungguh

Macak cih            : masak sih

Lahacia                 : rahasia

Kiyim                     : kirim

Ca oong cih         :masa bohong sih

Macapah             : sama siapa

Maacih                 : terimakasih

Macama               : sama-sama

Miapah                 : demi apa

Ciyus                     : terus

Gudnyus              : good news

Binun                    : Bingung

Akooh                   : aku

Cemungut           : semangat

Kesimpulannya adalah kita tidak bisa menganggap semata-mata bahwa lebay itu buruk. Dibalik semua ciri khas yang dimiliki anak lebay pasti memiliki sifat positif yang bisa kita jadikan tauladan dalam kehidupan sehari. Tinggal apakah kita memilih menjadi orang alay atau orang biasa saja. Selama tidak menganggu  kepentingan orang lain. Sekian informasi ini. Semoga bermanfaat bagi semua orang baik alay atau anak biasa.

From → Artikel Sosial

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: