Skip to content

Awal Mula Jalur Kendaraan Indonesia di Kiri

February 16, 2013
sumber gambar: baltyra.com
Di Indonesia, sudah lazim untuk mengemudikan kendaraan di jalur kiri di jalan raya. Namun sebenarnya lebih banyak negara di dunia ini yang menganut :jalur kanan”. Perbandingannya 34% jalur kiri dan 66% jalur kanan. Penganut jalur kanan berada di hampir seluruh Eropa dan sebagian besar Amerika. Sementara aliran kiri, paling banyak di Selatan benua Asia dan Afrika serta seluruhh benua Australia.

Bila ditelusuri, sejarah pemisahan jalur ini bermula di Eropa, tepatnya antara Inggris dan Perancis. Sejak awal Inggris sudah menganut jalur kiri. Alasannya, untuk memudahkan para kesatrianya menggunakan pedang di tangan kanannya sekaligus mengendarai kereta kuda. Karena itu, jalur kiri hanya diperuntukkan bagi kaum istana dan bangsawan. Toh, hanya mereka yang memiliki kendaraan.

Setelah Revolusi Perancis, kaum bangsawan Perancis memilih untuk bersama rakyat menggunakan jalur kanan. Penaklukan Napoleon atas Eropa membuat sistem ini menyebar. Hanya negara-negara yang tidak dapat ditaklukkan yang tetap berjalur kiri. Pengaruh Perancis ini juga terjadi di Amerika, selain karena adanya pengaruh Spanyol yang juga pernah menguasai benua itu.

Hampir semua negara bekas jajahan Inggris (persemakmuran) juga memakai aturan jalur kiri, kecuali Kanada. Itu pun terjadi karena alasan tingginya intensitas transplortasi dari dan ke Amerika Serikat (yang menggunakan jalur kanan). AS sendiri memilih jalur kanan karena ingin benar-benar lepas dari Inggris sebagai bekas negara penjajahnya.

Indoneisa sendiri jelas terpengaruh oleh Belanda yang pada awalnya memakai jalur kiri. Meski Belanda termasuk yang ditaklukkan oleh Perancis, perubahan itu ternyata tidak sampai ke Hindia Belanda.

From → Artikel Sosial

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: